Mandi 2 Kali Sehari Sebenarnya Tidak Sehat? -MinaShare


Kebiasaan mandi dua kali sehari ternyata menurut beberapa orang ilmuwan berdasarkan hasil penelitian terbaru. Justru tidak sehat, malahan dari hasil studi tersebut diketahui bahwa jarang mandi justru baik bagi kesehatan.

Studi yang dilakukan terhadap suku primitif " Yanomami "  di pedalaman hutan amazon itu melihat bahwa kebiasaan jarang bersentuhan dengan air, membuat mereka selamat dari " Predator " karena jarang mandi. Predator yang dimaksud adalah hewan buas, serangga dan juga suku lain yang mendalami wilayah sekitar sungai.

Ilmuwan juga menemukan bahwa kulit warga suku " Yanomami " memiliki kompleksitas bakteri yang tinggi. Akibat jarang mandi, itu menjadi antibiotik alami untuk mereka dan menghindarkan dari banyak penyakit. Ilmuwan pun menelah dari sisi ilmiah, bahwa kompleksitas bakteri yang di alami itu terjadi karena sekumpulan mikro bioma.

Mikro bioma tersebut membuat sistem imun. Pencernaan, dan fungsu hati berjalan lancar, Saat kompleksitas bakteri berkurang, virus akan lebih mudah menyerang tubuh. Apalagi jika seseorang tinggal di daerah iklim tropis dan lembab, kondisi ideal bagi bakteri jahat untuk berkembang.

Walau ilmuan itu tidak benar-benar menyarankan orang untuk jarang mandi. Namun mereka membeberkan bukti ilmiah kebaikanya untuk kulit. Kulit bisa terjaga kelembabanya dengan baik jika tak sering mandi, maksimal paling sering adalah sehari. Apalagi bahan kimia yang ada pada sabun makin membuat kulit berkurang kelembabanya. Dan itu bisa mengurangi kecantikan dan kesehatan kulit.